Berbagi Informasi Untuk Guru Indonesia
PENGUNJUNG





APLIKASI BLOG GURU INDONESIA

IBN

translate

BisnisNgeTren.Com ya Paytren milik Ust. Yusuf Mansur Veritra Sentosa Internasional Treni KLIKVSI VSI

Berikut ini pengertian-pengertian terkait penilaian yang ada dalam kurikulum 2013.Dikutip dari Buku Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD) Tahun 2016 Halaman 5, 6 dan 7. Istilah-istilah ini penting diketahui agar kegiatan penilaian dapat berjalan dengan lancar.

ūüŹÜ
1‚É£Standar Penilaian Pendidikan adalah kriteria mengenai lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik yang digunakan sebagai dasar dalam penilaian hasil belajar peserta didik.

2‚É£Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

3‚É£Pembelajaran adalah proses interaksi yang direncanakan antara peserta didik dengan peserta didik lainnya, dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

4‚É£Penilaian hasil belajar oleh pendidik adalah proses pengumpulan informasi/ data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis yang dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar melalui penugasan dan evaluasi hasil belajar.

5‚É£Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan adalah proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek pengetahuan dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis dalam bentuk penilaian akhir dan ujian sekolah/madrasah.

6⃣ Penilaian harian (PH) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar.

7⃣ *Penilaian tengah semester (PTS) *adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran selama 8-9 minggu. Cakupan penilaian tengah semester meliput seluruh KD pada periode tersebut.

8‚É£ Penilaian akhir semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester ganjil. Cakupan PAS meliputi seluruh KD pada semester ganjil.

9‚É£ Penilaian akhir tahun (PAT) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap. Cakupan PAT meliputi seluruh KD pada semester genap.

1‚É£0‚É£ Ujian Sekolah/Madrasah adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar dan/atau penyelesaian dari suatu satuan pendidikan.

1‚É£1‚É£ Penilaian sikap merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh informasi deskriptif mengenai perilaku peserta didik di dalam dan di luar pembelajaran.

1⃣2⃣ Penilaian pengetahuan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur penguasaan pengetahuan peserta didik.

1⃣3⃣ Penilaian keterampilan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas tertentu.

1‚É£4‚É£ Prinsip penilaian adalah asas yang mendasari penilaian dalam pembelajaran.

1‚É£5‚É£ Mekanisme penilaian adalah prosedur dan metode penilaian yang dilakukan oleh pendidik.

1‚É£6‚É£ Prosedur penilaian adalah langkah-langkah penilaian yang dilakukan oleh pendidik.

1‚É£7‚É£ Teknik penilaian adalah cara yang digunakan oleh pendidik untuk melakukan penilaian dengan menggunakan berbagai bentuk instrumen penilaian.

1‚É£8‚É£ Instrumen penilaian adalah alat yang disusun dan digunakan untuk mengumpulkan dan mengolah informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

1⃣9⃣ Kriteria Ketuntasan Minimal yang selanjutnya disebut KKM adalah kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh satuan pendidikan yang mengacu pada standar kompetensi lulusan, dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan

lebih lengkap dapat d lihat sendiri pada buku panduan penilaian k13 sd terbaru revisi 2016 downlod ketuk tautan berikut ūüĎČ https://sites.google.com/site/apk13sd/buku/Panduan%20Penilaian%20SD%202013.pdf

diposting jd di ūüď° https://goo.gl/hRLW8g
ūüďö
Demikan posting sederhana lwat W.A. Jika d rasa bermanfaat teruskan ke rekan guru khususnya yang sudah melaksanakan Kurikulum 2013

-: terima kasih :-

Comments

comments

2 Responses to ISTILAH PENILAIAN DALAM KURIKULUM 2013

  • 1,unsur-unsur menggambar ialah bagian-bagian yang sangat menentukan terwujudnya suatu bantuk karya seni rupa. Dari pemahaman kerangka pengertian unsur-unsur inilah maka seseorang akan mampu membuat karya seni rupa menjadi lebih sempurna. Unsur-unsur seni rupa yang dimaksud adalah: garis, bidang, bentuk, tekstur, warna, gelap-terang dan arah . 2.Menurut saya adalah gambar fauna , alam benda dan flora nyata di lihat. 3.menggambar adalah kegiatan kagiatan membentuk imaji dengan menggunaka banyak pilihan teknik dan alat,bisa pula berarti membuat tanda tanda tertentu ,dengan mengolah goresan dari alat gambar
    4.komposisi adalah tata susunan yang menyangkut keseimbangan kesatuan, irama dan keselerahan dalam suatu karya seni rupa
    5.Komposisi simetris adalah komposisi yang sama atau seimbang.Komposisi asimetris adalah komposisi yang tidak sama atau tidak seimbang
    6.Gambar imajinasi adalah gambar yang diperoleh dari otak kita yang sedang menghayalkan sesuatu maka dari itu gambar imajinasi itu juga bisa disebut dengan pengungkapan seseorang secara mental dan visual dari apa yang dipikirkan dan dihayalkan
    7.Mengikuti bentuk dasar dari objek yang akan digambar, mengetahui bagian2 dari objek gambar, munyusun bagian perbagian menjadi gambar yang utuh, memberi dimenai, gelap, terang, berwarna. Memberi kesan untuk latar belakang
    8.kanvas, tekstil, kain, kertas, kayu
    9.geometri, realis, dekoratif,abstrak
    10. Melatih kreatifitas, dapat dijadikan sebagai barang pajang, oleh2 ciri khas suatu daerah
    11. Menggambar sketsa lebih dahuluh, bentuk fauna yang akan digambar, diberikan penggayaan
    12. Motifnya geometri
    asal: Tana Toraja
    13.kepayang, lombok katokkon, buluh nangko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ADMIN
Alexa Rank
komentar
POPULER
Like Box Facebook