GURU INDONESIA

Berbagi Informasi Untuk Guru Indonesia

Uji Petik Tepis Anggapan Miring UN

April 13th, 2012
Margaret Puspitarini
Jum’at, 13 April 2012 09:58 wib
Ilustrasi: suasana ujian nasional. (Foto: Rifa Nadia/okezone)

Ilustrasi: suasana ujian nasional. (Foto: Rifa Nadia/okezone)
JAKARTA – Guna menghilangkan berbagai anggapan miring tentang Ujian Nasional (UN), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar Uji Petik. Apa sebenarnya Uji Petik?Ketua BSNP M Aman Wiranatakusumah mengungkapkan, Uji Petik merupakan kuisioner yang dibagikan kepada peserta UN untuk mengetahui pra dan pasca Un.

“Selain mengetahui pelaksanaan UN keseluruhan, juga untuk mengetahui kondisi psikologis peserta didik sebelum dan sesudah UN. Tentunya tanpa mengganggu konsenterasi peserta UN,” ujar Aman di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Senayan, Jakarta Selatan, kemarin.

Menurut Aman, dengan adanya hasil Uji Petik, segenap pemangku kepentingan di dunia pendidikan, termasuk peserta didik, dapat mengevaluasi pelaksanaan UN selain melalui hasil UN. “Sehingga apa yang dikerjakan kami semua dapat sinkron dan saling mengisi, serta dapat memotivasi peserta didik untuk melaksanakan UN dengan baik,” imbuhnya.

Hal senada diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh. Pada kesempatan yang sama, dia menuturkan, Uji Petik dapat membantu menghilangkan asumsi miring mengenai UN seperti yang dilaporkan selama ini.

“Dalam laporan tersebut diungkapkan jika UN menjadi beban psikologis anak. Melalui Uji Petik ini dapat dilihat dan dibuktikan kebenarannya. Kami tidak dapat membantah begitu saja tuduhan-tuduhan mengenai UN tersebut tanpa memberikan data. Uji Petik ini yang menjadi sumber data,” ujar M Nuh.(rfa)

Comments

comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

GURU INDONESIA

Berbagi Informasi Untuk Guru Indonesia