BLOG GURU INDONESIA

MENJADI GURU BERMUTU DAN PROFESIONAL

CARA MEMINDAHKAN DAPODIK 2013 KE PC LAIN

November 14th, 2013

Tips Amankan Data Dapodikdas 2013 jika sewaktu-waktu Laptop diinstall ulang, dipindahkan ke laptop lain sebelum Sinkronisasi atau Edit Aplikasi Dapodikdas 2013 Di Komputer Berbeda

Tema blog kali ini muncul setelah banyaknya yang bertanya Bagaimana cara mengamankan data yang sudah dimput/diperbaiki pada Aplikasi Dapodikdas 2013, jika sewaktu-waktu Laptop diinstall ulang sebelum Data di Sinkronisasi? Bisakah pekerjaan aplikasi dapodikdas 2013 di kantor di lanjutkan di komputer rumah? Atau laptop lain?
Dan hampir semua sahabat facebook menjawab “TIDAK ADA CARA, “TIDAK BISA, Harus di satu komputer. Ada cara dan Bisa di komputer lain tapi setelah sinkronisasi online ke operator dapodikdas pusat”…..

Kalau pertanyaannya Ada cara? bisakah? Penulis jawab Ada dan bisa, caranya :
1. Registrasi sempurna pada Satu Komputer/Laptop
2. Login ke Aplikasi Dapodikdas 2013
3. Sudah Perbaiki data yang Invalid dan sudah Imput Data Baru, Simpan perubahan. Lalu Logout (keluar dari aplikasi dapodik). Tutup browser google chrome atau Mozilla firefox.
4. Copy folder DAPODIKDAS yang ada di folder C:\Program Files atau Folder Database dan Folder dataweb yang ada di folder C:\Program Files > Dapodikdas
5. Buka Flashdisk atau hardis partisi lainnya contoh : D:\
6. Klik Paste di flasdisk atau folder pada partisi lainnya. Kini copy-an folder DAPODIKDAS atau Folder Database dan Folder dataweb sudah ada di flashdisk anda, > sekarang data sudah aman jika sewaktu-waktu laptop diinstall ulang sebelum Sinkronisasi.
Pertanyaannya Sekarang, Bagaimana cara memindahkan hasil Copy an tadi Kelaptop yang baru diInstall ulang atau Laptop/Komputer lain tempat akan mengerjakan data Dapodikdas 2013. Caranya adalah baca lanjutan pembahasan berikut:
7. Aktifkan komputer/ laptop lain.
8. Instal Aplikasi dapodikdas 2013 di laptop yg baru diisntall atau di komputer/ laptop lain, setelah sukses penginstalan. Registrasi PERSIS seperti Registrasi semula.
9. Setelah registrasi sukses, login PERSIS seperti Login semula. Lalu Logout. Tutup aplikasi browser google chrome atau Mozilla Firefox
10. Di start menu, ketik services.msc, lalu tekan Enter. Maka tampil jendela service

11. Klik DapodikdasDB, klik tombol STOP
12. Klik DapodikdasWebSrv, klik tombol STOP. Lalu tutup jendela service.
13. Buka flashdisk yang sudah ada kopian folder dapodikdas atau Folder Database dan Folder dataweb dari komputer Sebelumnya, Klik kanan pilih Copy
14. (Di kompter baru) Buka C:\Program files. Klik Paste. Ada pertanyaan Replace (timpa), klik Yes to All, jika tidak muncul pertanyaan Replace (timpa), dan tidak ada peringatan Yes to all, dan tampilan seperti gambar berikut:

Maka Klik Yes, jika muncul lagi seperti gambar berikut:

Maka Langkah 1 adalah Centang kotak kecil yang ada pada sudut kiri bawah, kemudian langkah 2 adalah klik Copy dan raplace. Dan jika muncul lagi gambar seperti berikut:

Maka Langkah 1 adalah Centang kotak kecil yang ada pada sudut kiri bawah, kemudian langkah 2 adalah klik Yes.

Setelah proses paste pada point 14 diatas selesai maka langkag selanjutnya adalah

15. Di start menu, ketik services.msc, lalu tekan Enter. Maka tampil jendela service
16. Klik DapodikdasDB, klik tombol START
17. Klik DapodikdasWebSrv, klik tombol START. Lalu tutup jendela service.
18. Restart computer. Coba login. Bagaimana hasilnya??? Selamat bekerja !!!

Anda bisa lakukan berulang-ulang copy paste folder dapodikdas dari laptop anda ke komputer lain atau sebaliknya, dengan langkah-langkah point 1 s.d 18.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

BLOG GURU INDONESIA

MENJADI GURU BERMUTU DAN PROFESIONAL